Pentingnya Menanamkan Akhlaq Bagi Peserta Didik di SMK Negeri 1 Purwodadi.

0 0
Read Time:1 Minute, 12 Second

GROBOGAN – WARTA JAVAINDO,

Penulis : SUTOPO,S.Pd.I.

Guru SMK Negeri 1 Purwodadi

Alamat email : sutopospdi074@gmail.com

Ahlaq merupakan perilaku individu yang ditunjukkan melalui cara bersikap, bergaul,dan bekerjasama, baik dalam lingkungan sekolah, keluarga, maupun masyarakat.

Akhlaq dinilai sangat penting untuk diajarkan pada peserta didik SMK Negeri 1 Purwodadi karena akhlaq adalah proses pendidikan yang ditujukan untuk mengembangkan nilai, sikap dan perilaku yang memancarkan akhlaqul karimah.

Potensi karakter yang baik telah dimiliki tiap manusia sebelum dilahirkan, tetapi potensi tersebut harus terus-menerus dibina melalui sosialisasi dan pendidikan akhlaq. Karakter merupakan kualitas moral dan mental seseorang yang pembentukannya dipengaruhi oleh faktor bawaan (fitrah-natural) dan lingkungan (sosialisasi atau pendidikan-natural). Guru dapat menjadi inspirasi dan suri tauladan yang dapat mengubah karakter anak didiknya menjadi manusia yang mengenal potensi dan karakternya sebagai hamba Allah dan makhluk sosial.

Sikap jujur merupakan salah satu perilaku mulia yang penting dalam pembentukan karakter anak, sikap jujur memberikan dampak positif terhadap berbagai sisi kehidupan, baik di masa sekarang atau di masa yang akan datang. Anak sebagai pribadi jujur dan peka terhadap berbagai rangsangan berasal dari lingkungan luar dapat memiliki hubungan yang harmonis dan komunikasi yang baik terhadap orang lain. Dari hubungan seperti ini akan tercipta rasa saling percaya.

Melalui penanaman karakter di lingkungan sekolah ini, harapannya anak dapat memiliki kecerdasan intelektual dan cara bersikap (attitude) yang baik. Menjadi pribadi yang memiliki ilmu dan pengetahuan yang tinggi saja tidak cukup, anak juga harus dibekali dengan karakter yang baik.

(Red)

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *