Yuliana Klarifikasi Penyaluran Bantuan Bibit Tanaman, Tegaskan Sesuai Program Pemerintah.

0 0
Read Time:1 Minute, 30 Second

PONTIANAK, KalbarWARTA JAVAINDO, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Aliansi Wartawan Independen Indonesia (AWII) Kalimantan Barat, Yuliana, memberikan klarifikasi terkait isu penyaluran bantuan bibit tanaman dari pemerintah yang dilakukan oleh DPD AWII Kalbar. Penyaluran bibit tersebut merupakan bagian dari program bantuan pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, dengan tujuan mendukung pemberdayaan masyarakat dan pelestarian lingkungan.Kamis (17/10/24).

Yuliana menegaskan bahwa bibit yang disalurkan, termasuk bibit tanaman Kayu-kayuan dan HHBK (Hasil Hutan Bukan Kayu), diberikan secara cuma-cuma kepada masyarakat yang memenuhi syarat sesuai dengan aturan program pemerintah.

“Kami hanya membantu menyalurkan bibit yang berasal dari program pemerintah tersebut,” ujar Yuliana, membantah tuduhan bahwa bibit yang disalurkan bibit unggul melainkan bibit berkualitas, cepat tumbuh dan tahan hama penyakit.

Ia juga menjelaskan bahwa pembagian bibit secara gratis diambil di Persemaian Permanen, sementara biaya pengiriman untuk wilayah di luar kota seperti Kabupaten Sambas ditanggung oleh pemohon.

“Biaya pengiriman menjadi tanggung jawab pemohon, dan diluar tanggung jawab Persemaian Permanen,” tambahnya.

Yuliana menekankan bahwa DPD AWII Kalbar hanya berperan sebagai pihak penyalur, bukan produsen bibit. Masyarakat yang berminat dapat langsung mendatangi persemaian bibit di Jalan Kebangkitan Nasional, Sungai Selamat dengan mengajukan surat permohonan bibit sesuai mekanisme yang telah ditentukan, untuk mendapatkan bantuan bibit secara gratis.

Selain itu, Yuliana mengingatkan bahwa perawatan bibit setelah disalurkan sepenuhnya menjadi tanggung jawab penerima bantuan.

“Kami memastikan bibit disalurkan dalam kondisi baik. Namun, keberhasilan pertumbuhan bibit bergantung pada perawatan dari pihak penerima,” jelasnya.

Seorang warga dari Kabupaten Sambas mengungkapkan bahwa mereka tidak merasa dirugikan terkait isu yang beredar. “Kami merasa aman-aman saja, dan merasa sangat terbantu dengan bantuan bibit yang kami terima,” ujarnya.

Melalui klarifikasi ini, Yuliana berharap masyarakat mendapatkan informasi yang jelas. Program bantuan ini diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang lebih hijau dan mendukung pelestarian alam serta peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kalimantan Barat.

( Danil )

Editor Raja

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *