Pariwisata Sungai Kapuas di Mata H. Yuliansyah: “Strategi untuk Menarik Wisatawan Internasional”

0 0
Read Time:2 Minute, 3 Second

PONTIANAK KALBAR – WARTA JAVAINDO, Anggota DPR RI terpilih dari Partai Gerindra, H. Yuliansyah, SE, menggelar acara bincang-bincang bersama sejumlah Awak media di atas kapal wisata milik pengusaha lokal, Bang Ridwan. Acara tersebut berlangsung hangat dan meriah, diiringi diskusi terbuka mengenai potensi pengembangan pariwisata di Kota Pontianak, khususnya di sekitar Sungai Rabu 18 September 2024,sore.

Dalam kesempatan itu, H. Yuliansyah menyatakan komitmennya untuk memperjuangkan aspirasi masyarakat, terutama dalam memajukan sektor pariwisata yang menjadi salah satu daya tarik utama Kota Pontianak. “Saya berkomitmen untuk mendorong berbagai program yang bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat, termasuk pengembangan pariwisata yang terintegrasi dengan ekonomi lokal,” ungkapnya.

Salah satu isu yang menjadi fokus utama adalah optimalisasi potensi wisata di Sungai Kapuas, yang dikenal sebagai sungai terpanjang di Indonesia. Menurut H. Yuliansyah, Sungai Kapuas memiliki potensi besar untuk menarik wisatawan lokal maupun internasional. Ia berharap dengan adanya kapal-kapal wisata, termasuk kapal milik pengusaha Bang Ridwan, pariwisata Kota Pontianak dapat lebih dikenal secara luas.

“Kita harus memanfaatkan Sungai Kapuas sebagai salah satu aset wisata utama. Potensi wisata air di sini bisa bersaing dengan daerah lain di Indonesia, bahkan dengan negara-negara tetangga. Kita harus membuat Sungai Kapuas menjadi pusat atraksi wisata baru,” jelasnya.

Ia juga berharap agar media turut mengambil peran aktif dalam mempromosikan pariwisata lokal sehingga Kota Pontianak dapat lebih dikenal oleh khalayak luas. “Peran media sangat penting untuk memperkenalkan keindahan Sungai Kapuas, sehingga lebih banyak orang tertarik untuk datang ke Pontianak,” tambahnya.

Selain pariwisata, H. Yuliansyah juga membahas pentingnya pembangunan infrastruktur penunjang, seperti pembangunan Waterfront di sepanjang Sungai Kapuas. Ia berpendapat bahwa fasilitas ini dapat menambah daya tarik wisata dan memberikan dampak ekonomi positif, khususnya bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang bisa memanfaatkan kawasan tersebut untuk berjualan.

“Kawasan Waterfront bisa menjadi pusat aktivitas ekonomi baru, terutama bagi UMKM. Jika dioperasikan pada malam hari, kawasan ini bisa menjadi destinasi wisata kuliner dan belanja, sehingga mendukung pertumbuhan ekonomi lokal,” ujarnya.

H. Yuliansyah juga menyinggung pentingnya kebijakan yang mendukung perkembangan ekonomi pasca-pandemi. Ia berharap dengan terpilihnya presiden baru pada tahun 2024, seperti Prabowo Subianto yang didukung Partai Gerindra, sektor ekonomi, termasuk UMKM dan pariwisata, akan mengalami perbaikan yang signifikan.

“Kita semua berharap dengan adanya pemerintahan baru, sektor ekonomi kita akan semakin kuat. Sektor pariwisata dan UMKM harus didorong untuk tumbuh agar kesejahteraan masyarakat meningkat,” tutupnya.

Acara bincang santai ini diakhiri dengan semangat kebersamaan untuk terus merajut sinergi antara pemerintah, pelaku usaha, dan media dalam memajukan Kota Pontianak, khususnya dalam sektor pariwisata dan ekonomi. ( Danil )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *