BPDAS Indragiri Rokan Riau Hijaukan Kembali Hutan yang Sempat Gundul di Pasaman

0 0
Read Time:1 Minute, 22 Second

(PASAMAN/SUMBAR) wartajavaindo.com. Demi mencegah terjadinya Bencana alam seperti banjir dan longsor sekaligus meningkatkan taraf perekonomian petani Pasaman pada masa yang akan datang BPDAS Indragiri Rokan Riau Hijaukan Kembali Hutan yang Sempat Gundul di Pasaman dengan cara memberikan bantuan berupa program Rehabilitasi Hutan Lahan (RHL) kepada para petani melalui kelompok RHL.

Semenjak tahun 2022 lalu, Program RHL mulai digenjot wilayah Kabupaten Pasaman yang tersebar dibeberapa Kecamatan dan Nagari di Pasaman.

Pada tahun 2023 ini ada dua kelompok RHL yang berkesempatan mendapatkan Program tersebut yakni Kelompok Bukit Koto Rao yang beralamat di Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan dengan luas 49 Hektar lahan yang sudah tertanam (P0) dengan jenis tanaman yang dibantu seperti Durian, Nangka, Petai, Kulit Manis, pinang, cengkeh dan pala.

Dan Kelompok tani Bukit Koto Rao ll yang beralamat juga di Nagari Lubuk Layang, Kecamatan Rao Selatan Pasaman luas 49 Hektar dengan jenis tanaman yang dibantu seperti Durian, Nangka, Petai, Kulit Manis, pinang dan Alpukat.

Kepala Seksi BPDAS Indragiri Rokan, Bpk Arif Adi Suhastyo, S. Hut. M.Si menerangkan bahwa Program Rehabilitasi Hutan dan Lahan (RHL) ini dilakukan sebagai bentuk upaya pemulihan, mempertahankan dan meningkatkan fungsi hutan dan lahan, guna meningkatkan daya dukung, produktifitas dan perananya dalam menjaga sistem penyangga kehidupan.

Kegiatan RHL ini melibatkan banyak unsur baik masyarakat, pucuk adat, Pemerintah Nagari, Instansi Terkait serta melibatkan penegak hukum seperti TNI/POLRI dan kejaksaan, sementara untuk pengawasan dilaksanakan oleh Kelompok tersebut di dampingi oleh BPDAS indragiri Rokan, KPHL Pasaman Raya serta Instansi Terkait.

Pemerintah melalui BPDAS Indragiri Rokan berharap pelaksanaan Program Rehabilitasi ini dapat memberikan manfaat jangka panjang terhadap pertumbuhan perekonomian masyarakat, maupun menjaga keseimbangan kelestarian hutan.

 

( Liputan : M.Said.Nasution )

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *