ACUNGI JEMPOL, TIGA KECAMATAN DAN TIGA DESA TERIMA PENGHARGAAN DARI DJPb PROVINSI JAWA TENGAH

0 0
Read Time:1 Minute, 55 Second

JEPARA – WARTAJAVAINDO.COM

Kepala Kanwil Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Jawa Tengah Midden Sihombing dan Kepala Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Kudus Budi Marsudiyotu melakukan monitoring dan evaluasi (monev) terkait dana alokasi khusus (DAK) dan dana desa (DD) tahun anggaran 2021.

Rombongan dari DJPb serta KPPN diterima Bupati Jepara Dian Kristiandi beserta kepala perangkat daerah di Ruang Vidcon, Rabu (12/1/2022).

Dalam sambutannya, Kepala Kanwil DJPb Provinsi Jawa Tengah, Midden Sihombing, menyampaikan tujuan kegiatan untuk berkoordinasi dan evaluasi dalam rangka percepatan penyaluran DAK fisik dan DD Tahun 2021 di Kabupaten Jepara.

Pihaknya menyebut, untuk DAK fisik 2021 perlu ditingkatkan inputnya. Midden Sihombing mengapresiasi pemerintah kabupaten (pemkab) jepara yangbtelah berhasil menyalurkan dana desa hingga 100 persen.

Untuk DAK fisik tahun anggaran 2021, alokasinya Rp160.848.844.000 dan baru teralisasi 149.800.477.629 atau 93,1%. Sedangkan untuk penyaluran dana desa, alokasi Rp250.171.633.000 dan sudah terealisasi Rp250.171.633.000 atau 100%.

“Kami ucapkan terima kasih kepada pemkab jepara DD tersalur 100 persen. Untuk DAK fisik  masih dapat ditingkatkan,” ujar dia.

Midden Sihombing juga mengucapkan terima kasih kepada desa yang sudah melakukan penyerapan DD. Sehingga serapan anggaran pemkab dapat maksimal. Dia memberi beberapa masukan terkait percepatan penyaluran DD, diantaranya percepatan penyusunan APBDesa agar dilakukan secara simultan dengan penyusunan APBD.

Setelah adanya pagu DD, Desa bisa segera membuat konsep Peraturan Desa tentang APBDes sehingga ketika APBD disahkan tidak perlu waktu lama untuk melakukan penyesuaian dan penetapan APBDes. Selain itu, Kanwil dan KPPN juga selalu melakukan monitoring terkait penyaluran dan penyerapan DD ke Desa Bangsri.

Pada kesempatan tersebut, Midden Sihombing menyerahkan penghargaan kepada tiga kecamatan dan tiga desa terbaik dalam penyerapan DD tahun anggaran 2021. Ketiga Kecamatan tersebut adalah Kecamatan Pakis Aji, Kecamatan Kembang, dan Kecamatan Keling. Dan Desa meliputi Desa Kelet, Desa Bangsri, dan Desa Welahan.

Bupati Jepara Dian Kristiandi menyambut baik kedatangan DJPb dan KPPN Kudus ke kota ukir. Andi

menyampaikan bahwa pemkab jepara akan senantiasa berkoordinasi dengan jajaran perangkat daerah dan kecamatan, serta desa untuk penyaluran DAK fisik dan dana desa berjalan baik.

Andi berharap, penghargaan yang sudah diterima perlu dipertahankan dan ditingkatkan. Agar pelayanan kepada masyarakat tidak ada kendala.

“Penghargaan ini harus ditingkatkan dan dipertahankan. Ini bisa menjadi semangat perangkat daerah dan desa yang lain dalam penyelesaian administrasi, serta melayani masyarakat,” pungkasnya.

 

Pewarta E John, Editor Raja

 

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *