BUPATI PASAMAN BENNY UTAMA DAN WAKIL BUPATI SABAR, AS BERTEKAT, PASAMAN JADI TUJUAN WISATA

0 0
Read Time:1 Minute, 49 Second

PASAMAN-SUMBAR, WARTAJAVAINDO.COM
Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman yang dipimpin Bupati Pasaman Benny Utama dan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS saat ini bertekad menjadikan daerahnya sebagai tujuan wisata, dan mengupayakan sebagai destinasi wisata nasional, bentang alam yang indah mempesona serta kearifan lokal yang terjaga kelestariannya.

“Melalui dukungan penuh semua pihak, kami memiliki komitmen tinggi dan bertekad menjadikan daerah Pasaman sebagai daerah tujuan wisata favorite serta sebagai destinasi wisata nasional,” ungkap Wakil Bupati Pasaman Sabar AS.

Adapun potensi wisata yang dimiliki Pasaman itu sangat beragam, mulai dari wisata alam, wisata sejarah dan wisata religi. Antara lain Museum Tuanku Imam Bonjol dan Equator di Bonjol, kawasan Cagar Alam Rimbo Panti dengan berbagai kekayaan flora dan fauna, kawasan wisata Puncak Tonang Lubuk Sikaping yang asri dengan hutannya. Selain itu, Pasaman juga memiliki objek wisata yang dikelola baik oleh para pelaku wisata, seperti Ambun Water Park, Puncak Kemoyen dan lainnya.

Sabar AS mengungkapkan bahwa pembangunan wisata terpadu di Pasaman khususnya di Kecamatan Bonjol yang saat ini mereka rumuskan, berpegang pada konsep pembangunan pariwisata berkelanjutan.

Upaya pengembangan dan pengelolaan sumber daya yang dilakukan diarahkan agar dapat memenuhi aspek ekonomi, sosial dan estetika sekaligus dapat menjaga keutuhan dan kelestarian ekologi, keanekaragaman hayati, budaya serta sistem kehidupan masyarakat. Ujarnya Sabar AS.

Untuk itu kata Sabar AS pengembangan kampung atau nagari wisata harus menerapkan pemberdayaan masyarakat lokal setempat serta prinsip pelestarian dalam hal pemanfaatannya agar tidak melampaui daya dukung lingkungan.

“Kapasitas maksimum daya dukung dari suatu destinasi dalam mendukung kebutuhan berbagai pemanfaatan tidak akan merusak alam, budaya maupun lingkungan,” jelasnya.Sabar AS

Ia berharap para warga di daerah itu khususnya para kaum muda (Milenial) untuk membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang legal.

Harapannya, Pokdarwis tersebut dapat segera menggerakkan potensi nagarinya masing-masing guna menjadikan sebagai destinasi unggulan di Pasaman. Bahkan menjadikan destinasi kampung wisata nasional.

“Tentunya ini bisa dicapai, jika semua pihak yang berkepentingan saling bahu membahu dalam mewujudkannya,” tutur Sabar AS.

Wakil Bupati Sabar AS,terus berkomiten akan terus memperjuangkan dan akan melaporkan keberadaan potensi wisata di Pasaman tersebut kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Mengingat saat ini, pemerintah sedang gencar-gencarnya dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di tanah air. Harapan Sabar AS. ( Kontributor Warta Javaindo.Pasaman,Sumbar ). Editor Raja

Ket Foto:

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *