243 CALON JEMA’AH HAJI PASAMAN BELUM ADA YANG TARIK KEMBALI SETORAN ONH 2020

0 0
Read Time:1 Minute, 16 Second

 

PASAMAN-SUMBAR, WARTAJAVAINDO.COM – Sebanyak 243 Calon Jemaah Haji (CJH) di Kabupaten Pasaman belum ada melakukan pengajuan pengembalian setoran pelunasan ibadah haji 2020 disebabkan pembatalan keberangkatan haji ke Mekkah.

“Benar, sampai saat ini sebanyak 243 CJH di Kabupaten Pasaman, belum ada melakukan pengajuan pengembalian setoran pelunasan ibadah haji 2020 serta pengembalian Ongkos Naik Haji (ONH),” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Dedi Wandra. Selasa.8/6/2021

Total biaya pelunasan lebih kurang delapan juta dan total keseluruhan ONH sekitar Rp 32 juta sampai Rp BG33 juta.

Ia mengatakan jika calon jemaah haji ingin melakukan pengajuan pengembalian pelunasan maka nomor kursi tidak hilang dan mempunyai hak berangkat pada tahun 2022. Namun, jika ia melakukan pengajuan pengambilan ONH, nomor kursi akan hilang alias tidak berangkat.

Sebenarnya dari Keputusan Menteri Agama(KMA) bagi CJH yang sudah melunasi biaya haji, batal berangkat artinya dia akan diajukan untuk tahun 2022.

Ia mengungkapkan adapun proses pengembalian setoran pelunasan antara lain permohonan diajukan itu diantarkan ke Kementrian Agama Kabupaten Pasaman.

Dengan syarat bukti lunas, no rekening, lampiran foto copy KTP, nomor hp dan lainnya.

Setelah itu pihak Kementerian Agama Kabupaten Pasaman akan meneruskan permohonan tersebut ke Kanwil Kementerian Agama Provinsi Sumatera Barat dan diteruskan ke Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH).

“Setelah itu, dana pelunasan dikirim ke rekening pribadi CJH masing-masing,” ujarnya.

Ia menghimbau kepada CJH ini adalah langkah terbaik yang diambil pemerintah, mulai dari tahun 2020 pemerintah telah melakukan upaya persiapan haji dan upaya lainnya hingga tahun 2021demi keselamatan masyarakat.Ungkapnya.

( Kontributor Pasaman,Sumbar/SN ) Edditor Raja.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *