LONTONG TAHU NYA BAK IIN TERAS GROJOGAN BLORA EMANG JOS

0 0
Read Time:3 Minute, 38 Second

BLORA, WARTAJAVAINDO – Kuliner lontong tahu MBAK IIN Teras Grojogan, yang terdapat dijalan Sudarman, diminati warga masyarakat, Makanan khas Blora itu tak pernah sepi pengunjung, Meski harus antri menunggu giliran, namun menjadi sisi pembeda dalam wisata kuliner lokal di Blora,” Jumat (18/06/2021).

Lebih dari 2 Minggu di Teras Grojogan Blora, menggaungkan nama Kabupaten Blora lewat kuliner, Masyarakat Blora biasanya menyebut “Lontong Tahu” Satu porsi lontong sambal tahu seharga Rp9.000, selain itu juga ada lontong telur.

dibumbui kecap, tahu, cabai, kacang goreng, seledri, taoge, dan bawang goreng serta telor dadar bagi suka, Lauknya, selain tempe goreng, ada juga kerupuk Bandung dan kerupuk gendar.

Mbak iin (39th) pemilik usaha kuliner khas Blora ini menyampaikan,

“saya Jualan lontong di sini baru 2 Minggu, melanjutkan pengalaman saya dulu yang ikut saudara yang juga berjualan lontong tahu di koplakan, allhmdulilah walau baru 2 minggu Sehari bisa habis 15 – 40 biji lontong. Bahannya beras,” ucapanya

Saat ditanyai awak media mengenai pelanggan,” allhmdulilah mas,”penikmat kuliner Lontong Tahu berasal dari berbagai kalangan, tak hanya itu juga bagi masyarakat yang ingin pesan juga tak harus datang ke teras grojogan namun bisa lewat aplikasi grab, atau lewat aplikasi whatshaap di nomor 0823-3070-3623,” ungkapnya

Selain itu dikesempatan yang sama ketika ditanya mengenai dampak pandemi covid-19, mbak iin juga menjelaskan, untuk pandemi tidak begitu mempengaruhi mas, karena kita pakai aplikasi, dan apalagi ini baru 2 Minggu, allahmdulilah bersyukur sepi sepinya laku 15 biji lontong dengan omset kotor 150rb, dan kalau ramai laku 40 lebih dengan omset kotor 400rb,” terangnya

“Harapanya semoga bisa memajukan UMKM kabupaten Blora”

Refrensi;
Lontong tahu Blora adalah makanan khas dari Blora. Lontong sendiri adalah makanan yang terbuat dari beras yang dibungkus dengan daun pisang kemudian dikukus di atas air mendidih selama beberapa jam dan jika air hampir habis dituangkan air lagi, demikian berulang sampai beberapa kali(hingga matang). Dalam sajiannya lontong tahu Blora pada dasarnya terdiri atas lontong dan tahu goreng dengan bumbu kacang khas Blora di atasnya. Bisa ditambahkan dengan sauran, walaupun biasanya tidak karena inilah yang membedakannya dengan pecel Blora.

Lontong yang alami adalah lontong yang menggunakan daun pisang sebagai wadahnya, Tidak seperti perkembangan sekarang ada yang menggunakan plastic, Ini akan berbeda pada kualitas ke ramah lingkungannya dan mungkin juga berpengaruh bagi kesehatan.

Lontong tahu Blora berbeda dengan makanan lontong daerah lain, Jika anda melihat penyajiannya nanti, pesanan dapat disesuaikan dengan selera anda yakni tingkat kepedasan dan lainnya. Barulah disana akan mulai penyajian yakni dengan pemotongan lontong dan tahu goreng, jika anda beruntung tentu tahu goreng yang masih hangat. Lalu penyiapan bumbu kacang yang ditambahkan kecap dilakukan di depan pemesan, Selain tahu goreng juga bisa ditambahkan lauk-lauk yang lain berbagai gorengan seperti tempe goreng ataupun telur dadar dan lainnya. Dalam pembuatannya ini disesuaikan dengan porsi jumlah pemesan dan tingkat kepedasan yang diinginkan, Bisa jadi bahwa dalam penyiapan bumbunya hanya untuk satu pesanan.

Inilah kenapa dapat dikatakan bahwa lontong tahu Blora adalah makanan cepat saji khas Blora, Karena penyiapan yang cepat dan dilakukan di depan pemesan, Makanan fresh. Salah satu factor penting dalam penyajian lontong tahu Blora adalah kecap yang digunakan, Kecap yang digunakan oleh penjual yang paling khas adalah kecap hasil home industry.

Sebagai makanan dari Blora, kekhasan yang selalu melekat adalah penggunaan daun Jati. Mungkin latar belakangnya adalah karena di Blora banyak pohon jati maka digunakanlah daun jati. Tapi di sisi lain penggunaan daun jati memang memberikan aroma yang khas dan makanan akan terkesan alami dengan tidak menggunakan kertas minyak ataupun plastic.

Toping di atasnya yang unsur utamanya adalah bumbu kacang juga dapat disesuaikan dengan bahan yang ada. Seperti bawang goreng, cacahan daun sledri atau lainnya.

Bahan yang di butuhkan untuk membuat Lontong tahu Blora :
Cabe, kacang tanah, kencur, garam, bawang putih, kecap manis, kol, tauge, Tahu, daun seledri dan jeruk nipis.

Cara membuatnya :
Ambil Cabe merah (jumlahnya sesuai selera), kencur, garam dan bawang putih diuleg bersamaan sampai setengah hancur, kemudian di campur dengan kacang yang sudah di tumbuk halus hingga benar-benar merata. Kemudian cairkan kecap manis dengan air hangat, sembari diberi beberapa tetes jeruk nipis. Setelah itu campurkan semua langkah tadi jadi satu hingga rata.

Cara penyajiannya :
Lontong  diiris kecil-kecil, diatasnya dikasih potongan tahu, irisan kol mentah, tauge, kacang tanah goreng, kemudian di siram dengan sambal. Diatas sambal tak lupa ditaburi dengan dengan cacahan daun seledri dan bawang goreng. Sebagai pelengkap ditambah Tempe goreng atau kerupuk gendar.

Pewarta Lilik Yuliantoro/Editor Raja.

Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleepy
Sleepy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
Bagikan :

Average Rating

5 Star
0%
4 Star
0%
3 Star
0%
2 Star
0%
1 Star
0%

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *